Monday, September 30, 2013

Every Meeting is Special

Seperti biasa hari ini sebelum kelas saya dan Guntur menyiapkan materi di sore hari, kita briefing dulu menentukan agenda kelas hari ini, dan hasilnya susunnan agenda kelas mala mini adalah pertama mini speaking, kemudian dilanjutkan dengan reading, terus review vocab yang sebelumnya setelah itu masuk materi irregular verb dan langsung exercise 3 lanjut dengan strory telling di dalam group baru yang terakhir writing.   
Ada 1 siswa yang selalu konsisten datang awal, dia adalah Yudi, dia selalu datang diawal sebelum teman-temannya yang lain datang, kalau biasanya kelas baru mulai jam 18.30 atau lebih dekit nah dia datang 20 menit sebelumnya sehingga biasanya dia selalu nunggu di meja FO sambil baca buku.
Satu persatu siswa mulai berdatangan setelah jam menunjukkan 18.30, maka saya dan Guntur sigap menyambut siswa dan langsung memberinya lembaran mini speaking tanpa menunggu mereka duduk dulu, ditengah mini speaking pasti ada salah satu siswa yang selalu ijin untuk sholat isa’ duku dia Billy, namun kali ini dia diikuti 3 teman lainnya, Derian, Adib, Dana.
Guntur sudah bersiap-siap menyampaikan materi irregular verb namun saya meminta dia untuk mengawali materinya dengan review vocab yang didapat terakhir. Siswa diminta untuk menyebutkan masing-masing 5 kata dan amazing semua sangat cepat menjawabnya, itu artinya materi vocab sebelumnya 90% dikuasai.
Yang saya rasakan kita akan mudah mengingat sesuatu jika dinyanyikan, nah untuk irregular verb ini saya piker akan lebih mudah diingat oleh siswa jika dilagukan, maka saya minta Guntur untuk membuat nadanya dan diterapkan, diawal siswa nampak bengong ketika didepan terpampang materi irregular verb, bagaimana tidak ini menghafal vocab lagi! Namun setelah materi disampaikan sambil bernyanyi mereka terlihat sangat senang.
Karna yang datang malam ini siswa berjumlah 13 orang dari total siswa 16 orang, maka siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang berjumlah 4 orang untuk kelompok pertama, 4 orang juga untuk kelompok kedua dan 5 orang untuk kelompok ketiga. Siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan dan levelnya, ini penting karna mereka akan diminta untuk story telling dikelompoknya masing-masing sehingga mereka akan merasa PD karna kemampuan temannya sama. Dikelompok mereka sangat enjoy, Chepy yang biasanya tidak mau ngomong ketika didepan semua temannya kini sudah mulai PD ngomong lantang dikelompoknya, begiotu juga Dana dan Mila. Saya senang melihar mereka begitu antusias mala mini.
Diakhir materi ditutup dengan writing, kali ini tentang my home, sebelum pulang saya dan Guntur briefing dulu mengevaluasi kelas malam ini, kelas berakhir hampir jam 10 malam.

Untuk the next meeting kita ingin membuat kelas setiap pertemuannya berkesan sehingga siswa akan terus penasaran apa yang akan didapat pertemuan berikutnya.

1 comment:

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)