Pages

Thursday, November 26, 2009

Sandwich Mango

Sepulangnya dari tempat kerja pagi2 sekali, kudapati temen2ku sudah sembringah menyambut pagi ini, reedho yang biasanya pagi2 kayak gini masih asyik bercengkrama dengan bantal guling, kini sudah terlihat duduk manis didepan laptop mungilnya, entah apa yang dia kerjakan. Sementara Bro Erik terlihat dengan gaya khasnya pake celana pendek duduk santai dikursi putih miliknya sambil membaca Novel favoritnya “Negeri Van Oranje” yang baru dibelinya beberapa hari lalu diToko buku ternama di Malang ditemani secangkir kopi capucino kesukaannya. Melihat kesembringahan bro Erik dan Reedho akhirnya ku ajak mereka “masak yuk…”, memasak memang menjadi ritual wajib disaat seperti ini, disamping menghemat pengeluaran, memasak juga menjadi hobi jejaka keren seperti aku.

Setelah ajakanku disambut anggukan kepala keduanya, akhirnya kita bagi tugas. Aku dapet bagian masak nasi plus buat teh hanget. Bro erik bertugas bersih2 dapur plus cuci piring. Reedho dapet jatah tugas buat lauk bermodalkan 2 butir telor. Beberapa menit kemudian Hp Samsung Lipat Reedho berdering tanda sms masuk, sebelum mnyelesaikan tugasnya, reedho keluar rumah katanya ada perlu ke Kontrakan temen. Setelah sekitar 20 menit reedho dateng dengan membawa plastic warna hitam berisi 8 buah mangga segar yang katanya diambil langsung dari pohon didepan kontrakan temennya. Dari mangga inilah dateng naluri koki bro erik, “buat sambel mangga yuk…”. Kyaknya mantap banget tu….

Aku baru inget gimana bro erik membuat campuran capucinonya dengan potongan mangga mateng tiga hari lalu, gila sih…baru kali ini aku mendapati segelas kopi kapucino dituang ke dalam mangkok berisi potongan mangga harumanis. Awalnya aneh memang, tapi setelah aku cicipi ternyata rasanya ajib juga, mantap, seger, semacam minuman aneh khas Belanda (lupa namanya apa….hehe), inilah penemuan menu baru hasil kreasi bro Erik yg diberi nama “Capucino Mango”. Bagi yang disekitar rumahnya dipenuhi buah mangga boleh diccoba tuh….resepnya mudah kok...Cuma segelas kopi capucino dan mangga madu manis yg diiris2 kecil kemudian dipadukan dalam sebuah mangkok. Jadi deh Capucino Mango ala Erik Marangga. Mudah kan?.....

Kembali lagi ke masak nih...pagi itu kita sibuk mengerjakan tugas masing2. Setelah menyelesaikan tugasnya cuci piring, bro erik langsung masuk kamar dan membawa sebutir telor yg kemudian digorengnya di tempat pegorengan istimewa, tanpa basa-basi langsung saja diambilnya plastic yg berisi beberapa potong roti tawar tipis yang dibelinya td malemnya di SARDO, swalayan yg terkenal dengan harga kantong mahasiswa. “ini nih sarapan special pagi ini…” sambil menunjukkan potongan roti tadi yang di lapisi sepotong telor ceplok goreng. “Ini namanya Sendwich” tutur bro Erik sambil menyunggingkan senyum lima jarinya. “ini nih akibat sering baca Novel2 yg berbau eropa…gayanya sok eropa bnget..” sahutku dalam hati. Melihat mangga tadi akhirnya bro erik kepikiran untuk melapisi Sendwich-nya dengan potongan mangga yg agak kecut. Mantap, Roti dilapisi telor ceplok dan di bumbui mangga kecut ala bro Erik. Serasa pagi itu kita lagi ada di sebuah Flat mungil ditengah2 kota Leiden Belanda (Pengennya….). akhirnta penemuan ini diberi nama “Sandwich Mango”.

Setelah disuguhi “Sandwich Mango” ala bro erik tadi, reedho rupanya masih belum puas, maklum kalo belum makan nasi putih itu masih belum sarapan, baru makanan pembuka. Tanpa pikir panjang Reedho mulai lincah mengayunkan tangannya di atas kompor gas, bermodalkan 2 butur telor dubuatlah telor oseng ala Reedho, gak mau kalah dengan bro Erik, dia pun menggunakan mangga sebagai campurannya. Jadilah oseng2 telor buatan Reedho yg kemudian diberi nama “Oseng2 Telor Mengo”. Rasanya gk kalah sama masakan restoran sekelas bintang Lima.

Rupanya mangga menjadi menu andalan ku seharian kala itu, mulai dari Capucino Mango, Sandwich Mango, hingga Oseng2 Telor Mango. Aneh memang tapi ini manjadikan semakin beragamnya masakan Indonesia..hahahah..

Ada yang ketinggalan menu hari itu, sorenya aku juga sempet buat masakan dengan campuran mangga. Karna yang tersisa sore itu hanya nasi dan mangga, akhirnya aku ada ide untuk masak nasi goreng special. Nasi goreng campur mangga sisa tadi pagi. Rasanya begitu meggoda selera, ada rasa2 kecut gimana gitu…. Yang kemudian nasi goreng itu aku beri nama “Fried Rise Mango”.

Pokoknya hari ini penuh dengan “mango”. Tapi sayang hasil masakan ala mengo itu belum sempat terekam kamera, jadi gk bisa di pajang disini. Lain kali aja deh kalo pas masak lagi aku pajang.

Yang sempat terekam kamera hanya dapur dan mangga. ini dia nih hasilnya:

dapur tempat kite masak, agak acak2kan sih...

 
ini dia mango ajaib yg bisa dibuat bermacam masakan spesial

3 comments:

mbah jiwo said...

kakan dibik kanak...

Muchlisin said...

Ahli kuliner nih

Unknown said...

hehehe...gk juga, cuma seneng makan aje........